Senin, 10 Oktober 2022 agenda bersama Rumah Baca Ilalang dan dalam rangka memperingati Maulid Nabi. Kegiatan ini dilaksanakan pada pertengahan semester ganjil. Nah, sedikit bercerita yaa.. kita tengok dari dapur para ustadzah, melalui beberapa kali musyawarah di mana diagendakan pada tiap awal tahun kita ingin mengagendakan kegiatan apa saja selama satu tahun pembelajaran, nah salah satunya mengundang tim literasi dari luar sekolah, waktu itu kami ingin mengundang Sokola Pelangi dari Kertosono dan karena suatu hal, dari pihak Sokola Pelangi belum bisa datang ke SD POMOSDA salah satunya karena istri dari pemilik Sokola Pelangi baru saja meinggal dunia, kemudian karena gerobak bacanya masih dalam perbaikan. Dikarenakan beberapa sebab tersebut, kami mencari jalan alternatif dan akhirnya pilihan jatuh kepada Rumah Baca Ilalang dari Blitar.

Nah, agenda ini pun tidak tiba-tiba yaa.. ada beberapa tahap musyawarah dengan tim SD POMOSDA rangkaian yang bersamaan dengan Maulid Nabi dan ingin mengajak anak-anak belajar dan bermain di luar di mana membutuhkan waktu yang lumayan panjang, akhirnya anak-anak kami bagi ada yang membawa kotak nasi, kelas 4 dan 5 membawa kotak nasi beserta isinya sebanyak 2 kotak masing-masing anak. Kelas bawah 1, 2, 3 membawa buah jeruk sebanyak 6 buah. Di mana kotak nasi dan buah tersebut kami bagikan kembali kepada mereka. Untuk para asatidz dan Rumah Baca Ilalang kami buat ‘bontot’ yang dimasak oleh salah satu ustadzah. Kotak nasi tersebut kita bagi dan bener-bener pas sejumlah anak yang hadir. Dan buah yang masih tersisa di keesokan harinya dibuat jus buah dan kami bagikan semua ke anak-anak kembali sekaligus buah-buah tersebut kami bagikan juga untuk para sopir yang biasa mengantar jemput anak-anak.

Cerita selanjutnya adalah terkait transportasi, kami berencana menyewa kereta kelinci untuk dinaiki seluruh anak-anak kelas 1-5 namun kami urungkan dengan pertimbangan musim yang belakangan ini tidak menentu salah satunya beberapa hari ini Tanjunganom diguyur hujan deras dan beberapa anak-anak banyak yang sakit pada bulan september-oktober ini, akhirnya kami tidak menggunakan kereta kelinci dan mobil-mobil antar jemput langsung menuju ke lokasi nih, di mana itu? yaa belum kami sebutkan yaa.. yakni di Wisata Taman Cengkok. Dan anak-anak yang berdomisili di dalam pondok menggunakan armada bus nih, alhamdulillah muat yaa.. kita hitung ada 50 penumpang di bus sekaligus para asatidznya..

Bincang-bincang dengan Ustzh. Nuraini sebelum acara dimulai.
Bahagia kami bermain perosotan, ayunan, dan jungkat jungkit.
Bermain sambil membaca.

Tiba di tempat wisata kami bermain dulu nih, bermain ayunan, prosotan, jungkat-jungkit, mengelilingi taman hingga puas bahkan naik ke bukit cinta. Ohyaa di Wisata Taman Cengkok ternyata ada kolam renang juga lho, hmm rasanya ingin menjeburkan diri ke kolam renang akan tetapi kami melihat rundown kegiatan yang sudah di share ke grup sih tidak ada agenda berenang, yaa tidak apa-apa kami tetap bisa bermain dengan gembira! Kemudian, ada kejadian lucu nih, salah satu anak kelas 1 malah menjeburkan diri ke kolam, untung saja kolam belum terisi penuh basahnya hanya sampai kaki, akhirnya celana olahraganya basah deh… ada-ada aja ya adik kelas ini, saking inginnya bermain air. Lalu, jam 8.30 kegiatan inti dimulai nih, yakni literasi. Pertama, kami berdoa dulu lalu pembukaan dan pengenalan dari Rumah Baca Ilalang. Nah, ini sih yang kita tunggu-tunggu yakni… membaca buku.. horeee… kami langsung menyerbu pojok buku yang sudah disediakan, hm hm bukunya seruuu seruuu semuaa…. kami jadi bingung kaan… asiknya lagi kami membaca bisa sambil main ayunan, duduk di perosotan, duduk di kursi taman, membaca di dekat kolam renang, dan juga dibacakan buku oleh ustadzah jugaa.. hmm jadi merasa semakin dekat dengan ustadzah-ustadzah. Terimakasih ustadzah sudah membacakan kami buku cerita…

Ohya, ada cerita yang terlupakan nih, jadi, saking excitednya kami ingin mengikuti agenda hari ini, beberapa teman dari kelas 2, 4, dan 5 sebenarnya ada yang sedang sakit dan berhubung moment kebersamaan ini tidak bisa diulang, mereka tetap saja berangkat meskipun saat tiba di tempat mereka hanya duduk karena memang badannya panas dan ada yang flu/batuk. Sepertinya momen seperti ini adalah hal yang sungguh sayang ditinggalkan.

Dibacakan buku oleh Kak April
Membaca buku di perosotan nih…
Membaca buku di ayunan, kok bisa ya?

Yuk ke jadwal berikutnya yakni mewarnai untuk kelas 1, 2, dan 3, untuk kelas 4 dan 5 ada penampilan puisi oleh Rumah Baca Ilalang. Teman kami juga ada yang berani tampil membacakan puisi lho… keren yaa.. Kemudian, jadwal selanjutnya yakni outbond, ada berbagai permainan yaa.. melatih fokus untuk kelas 1 dan 2, permainan kotak pos untuk kelas 3, permainan memasukkan pensil ke dalam botol untuk kelas 4, dan permainan rantai maling untuk kelas 5. Penutupan ditutup dengan makan siang jam 12.00 setelah makan siang kami dibagikan pensil karakter dan ada pemberian beberapa buku bacaan dari SD POMOSDA kepada Rumah Baca Ilalang. Semoga buku-bukunya bermanfaat, meski hanya sedikit yang bisa kami berikan.

Mewarnai kelas 1, 2, dan 3.
Permainan kotak pos kelas 3
Permainan rantai maling kelas 5

Saat mau pulang hujan mengguyur Wisata Taman Cengkok, kami berdoa semoga hujan lekas reda supaya kami bisa pulang kembali ke pelukan ayah bunda dengan selamat. Beberapa menit kemudian perlahan hujan deras beralih gerimis dan kami pun bersiap-siap berbaris sesuai rute penjemputan hingga akhirnya hujan benar-benar berhenti, kami langsung memasuki armada kami masing-masing. Alhamdulillah kami hari ini pulang dalam keadaan sehat dan diberikan kebahagiaan berupa keselamatan serta kenangan dan pengalaman yang tidak akan kami lupakan karena kebersamaan ini begitu terasa hangat. Terimakasih teruntuk Rumah Baca Ilalang yang sudah memberikan tenaga dan waktunya untuk kami dan mohon maaf apabila kami memiliki kesalahan baik disengaja maupun tidak disengaja. Semoga kedepannya kami masih bisa belajar banyak hal lagi dengan Rumah Baca Ilalang. Aaamiin…

Categories: BERITA

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *