Perpus lama kita
Membaca cerita apa sih, seru sekali sepertinya yaa…
Melayani peminjaman dan pengembalian setiap hari

Perpustakaan menjadi salah satu bagian yang sangat penting dalam pembentukan budaya literasi pada anak sedari dini, di perpustakaan SD POMOSDA menyediakan buku-buku cerita yang menarik secara visual oleh anak, terdapat beragam model buku bacaan, seperti pop up book, flip and flap book, hide and seek book, buku yang disediakan sesuai usia, pun juga disediakan buku paket tematik, kamus bahasa inggris, kamus bahasa arab, buku ensiklopedia, dan masih banyak lagi. Anak kelas 1 masih dalam tahapan belajar membaca, maka disediakan buku cerita yang full color dan full gambar dengan sedikit tulisan, hingga mereka menyukai aktivitas membaca itu sendiri. Dan saat mereka berada di kelas atas (4 dan seterusnya) anak-anak biasanya lebih menyukai buku dengan banyak tulisan dan bahkan sama sekali tidak ada gambar, karena mereka sudah menyukai dan hobi membaca. Namun, tetap ada beberapa anak yang tidak atau belum tumbuh kesukaannya pada dunia membaca dan menulis, biasanya, guru kelas mewajibkan anak-anak kelasnya untuk membaca dan menceritakan kembali.

Mengerjakan tugas di perpustakaan

Waktu pelayanan perpustakaan SD POMOSDA adalah jam 7.00 – 7.30 sambil menunggu mobil-mobil jemputan datang, anak-anak bisa sekedar membaca buku di perpus, ada yang mengerjakan tugas, melayani peminjaman dan pengembalian buku. Dan jam 9.30 – 10.00 saat jam istirahat perpustakaan SD POMOSDA juga dibuka. Anak-anak memiliki buku peminjaman mereka sendiri-sendiri untuk mengetahui buku apa yang telah dipinjam, kapan mengembalikan, dan evaluasi untuk diri pribadi anak, apakah anak-anak mengalami peningkatan atau penurunan saat melakukan peminjaman buku setiap bulannya.

Anak-anak juga berkewajiban ikut menjaga ruang perpustakaan dengan menjaga kebersihan setiap harinya, tidak ada piket, kami sistem semua anak menyapu dan pembagian tugas, misal, ada yang menata buku, mengecek buku yang rusak dan waktunya diperbaiki (seperti halaman yang lepas, sampul yang rusak, dlsb) maka anak akan melaporkan ke petugas perpus dan akan diperbaiki.

Tak lupa, saat anak-anak diminta untuk menyukai aktivitas membaca maka pengajar di sekolah juga harus menyukai kegiatan tersebut. Para pengajar juga kami sediakan buku-buku bacaan untuk menunjang skill pengasuhan atau parenting, peningkatan metode mengajar, motivasi diri, dan masih banyak lagi.